Cara Menemukan Expired Domain yang Bagus Terbaru 2022

ezfile.id – Domain expired yang bagus kerap dicari-cari. Alasannya sederhana, yakni karena algoritma mesin pencari seperti Google yang semakin membaik setiap harinya. Dengan begitu, domain expired yang bagus dapat lebih bersaing daripada domain baru yang tanpa riwayat sebelumnya.

Ap itu Expired Domain?

Seperti namanya, expired domain adalah domain yang sudah memasuki masa kedaluwarsa. Jika pemilik suatu domain tidak memperpanjangnya, maka domain tersebut akan nonaktif dan tidak bisa diakses. Selain itu, domain tersebut juga bisa diperpanjang oleh orang lain.

Terkait hal ini, berikut saya jelaskan siklus hidup suatu domain secara umum.

Siklus Hidup Domain

Domain mempunyai siklus hidup yang melewati 4 periode, yaitu periode aktif, periode kedaluwarsa (expired), periode penebusan (redemption grace period), dan hapus tertunda (pending delete).

Periode Aktif

Masa aktif domain paling kecil adalah satu tahun. Setelah domain dibeli dan aktif, pemilik akan bisa mengakses domain tersebut sepenuhnya.

Periode Kedaluwarsa

Segera setelah domain tidak diperpanjang, maka status domain tersebut menjadi expired. Pemilik diberikan waktu sekitar 30-45 hari untuk memperpanjangnya. Setelah itu, maka domain bisa dibeli oleh orang lain.

Periode Penebusan

Setelah sekitar 45 hari sejak domain memasuki masa expired, maka domain tersebut akan memasuki periode penebusan. Dalam periode ini, pemilik domain sebelumnya masih bisa memperpanjang domain tersebut namun kamu juga akan dikenai biaya penebusan domain. Umumnya periode ini berlangsung selama 30 hari.

Periode Hapus Tertunda

Domain akan masuk status pending deletion setelah periode penebusannya berakhir.

Kenapa Harus Memilih Expired Domain?

Ada beberapa alasan untuk memilih expired domain, namun alasan yang paling umum yaitu karena peringkat domain tersebut sudah tinggi, atau di sini akan kita sebut sebagai domain yang ‘bagus‘.

Domain yang bagus memiliki tingkat persaingan yang tinggi di mesin pencari. Hal ini mengakibatkan kesempatan untuk konten yang ada di websitemu untuk tampil di laman pertama mesin pencari lebih tinggi. Dengan begitu, visitor websitemu pun semakin banyak.

Bagaimana Cara Menentukan ‘Bagus‘ atau Tidaknya Suatu Domain?

Biasanya para pencari expired domain menilai suatu domain dengan nilai SEO yang dimilikinya. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Suatu domain yang memiliki nilai SEO yang bagus, maka peringkatnya di mata mesin pencari juga tinggi.

SEO sendiri sebenarnya tidak bisa dinilai secara akurat. Namun semenjak adanya tools SEO yang powerful seperti MOZ dan Ahrefs, kebanyakan blogger menilai SEO suatu blog berdasarkan metrik dari tools-tools tersebut.

Kita bisa mendapat nilai Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dam Spam Score (SS) dari MOZ. Sedangkan nilai metrik Domain Rating (DR), URL Rating (UR), dan Top Rating (TR) bisa kita dapatkan dari Ahrefs.

Meski begitu, kamu tidak perlu repot-repot untuk berlangganan MOZ atau Ahrefs untuk mengecek nilai SEO suatu expired domain. Kamu dapat menggunakan bantuan dari website-website checker seperti xeo.my.id dan dapachecker.org karena gratis dan penggunaannya mudah. Kamu cukup memasukkan domain yang ingin kamu cek di situs tersebut, maka nilai-nilai metriks dari domain tersebut bisa kamu lihat.

Cara Menemukan Expired Domain yang Bagus

A. Mencari Domain Expired

Langkah pertama untuk mencari domain dengan nilai SEO yang bagus adalah mencari domain expired terlebih dahulu. Dari sekian banyak cara menemukan domain expired, yang paling mudah menurut saya adalah melalui website ExpiredDomains.net.

Cara Menemukan Domain Expired di ExpiredDomains.net

1. Cara Mendaftar di ExpiredDomains.net

Langkah1: Buka situs expireddomains.net.

Langkah2: Buat akun dengan cara klik Sign Up.

Langkah3: Isi data-data yang diperlukan.

Kamu perlu mengisi Username, Password, Konfirmasi Password, dan Email yang masih aktif.

Langkah4: Buka email, lalu klik link aktivasi akun yang dikirimkan ExpiredDomains.net.

2. Cara Menemukan Domain Expired yang Bagus

Langkah1: Silakan login di expireddomains.net.

Langkah2: Klik Deleted Domains > Deleted Domains.

Langkah3: Klik Show Filter.

Ada ratusan hingga ribuan domain yang expired setiap harinya. Oleh karena itu, untuk mencari domain yang bagus saja, kamu perlu mem-filter hasil pencariannya.

Kamu dapat menerapkan filter sesuai kebutuhan dan bisa mempelajarinya dengan mengutak-atik dari filter tersebut. Namun sebagai permulaan, berikut filter yang biasa saya terapkan untuk bisa menemukan expired domain yang bagus.

// Tab Common > Domain Name Settings

  • no Adult Names [ceklis], untuk menampilkan domain yang tidak memiliki unsur dewasa dalam penulisannya.

Domain yang memiliki unsur dewasa dalam penulisannya kurang disukai kebanyakan pengunjung. Jadi jika kamu mencari expired domain untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, maka ceklis opsi ini.

// Tab Common > Common SEO

  • Backlinks [isi minimal 100], untuk menampilkan domain yang setidaknya memiliki 50 backlink.

Backlink sangat berpengaruh terhadap nilai SEO suatu website. Oleh karena itu, cari expired domain yang setidaknya memiliki 50 backlink sehingga nilai SEO website tersebut pasti lebih bagus dibandingkan domain baru.

Meski begitu, jika kita menemukan website dengan ratusan ribu backlink belum tentu website tersebut bagus. Jika backlink-backlink tersebut berasal dari website yang mempunyai nilai SEO yang buruk, maka nilai SEO website yang kita temukan itu juga akan buruk.

// Tab Common > Listing Settings

  • only new last 12 hours [ceklis], untuk menampilkan domain yang memasuki masa expired dalam 12 jam terakhir.
  • only available Domains [ceklis], untuk menampilkan expired domain yang bisa kita beli/perpanjang.

ExpiredDomains.net memiliki ratusan hingga ribuan pengunjung setiap harinya. Kenapa? Tentu saja untuk mencari expired domain. Jadi kamu harus tahu bahwa pesaingmu bukan hanya satu orang, namun ribuan. Oleh karena itu, kebanyakan domain yang belum dibeli (masih dalam status expired) setelah 12 jam, kemungkinan domain tersebut kurang bagus atau tidak diminati.

// Tab Additional > Original gTLDs

  • com [ceklis], untuk menampilkan domain .com di hasil filtering.
  • net [ceklis], untuk menampilkan domain .net di hasil filtering.

Kamu dapat memilih untuk menampilkan domain lainnya dengan menceklisnya. Saya sendiri memilih untuk menemukan domain .com dan .net karena kedua domain tersebut lebih familiar di mata masyarakat. Meski begitu, kamu bebas untuk mencari domain lain sesukamu.

Langkah4: Klik Apply Filter.

Hasil pencarian dengan filter akan terlihat. Jika hasilnya tidak ada, silakan ubah filter-annya.

Langkah5: Salin (copy) expired domain yang telah ditemukan.

Kamu dapat menyalin 100 domain dalam tabel sekaligus dengan cara klik simbol ‘salin (⎘)‘ di samping tombol Show Filter, atau memilahnya satu per satu dan menyimpannya di notepad untuk nanti di cek nilai SEO-nya.

B. Mengecek Nilai SEO Expired Domain

Setelah expired domain kamu temukan, sekarang saatnya kita memisahkan mana yang termasuk bagus dari domain-domain yang expired tersebut.

Kamu dapat mengecek nilai SEO suatu domain menggunakan website-website checker seperti xeo.my.id dan dapachecker.org.

Dari kedua website tersebut, menurut saya pribadi yang lebih lengkap menu checkernya yaitu di website xeo.my.id. Kamu dapat mengecek DA, PA, DR, dan UR sekaligus di menu Ghost Checker. Atau hanya mengecek DA, PA, dan Spam Score (SS) di menu MOZ Checker. Sayangnya kamu hanya dapat mengecek 5 domain saja dalam satu waktu, dan setelah itu harus menunggu selama 60 detik untuk dapat mengecek lagi.

Sedangkan di website dapachecker.org, kamu dapat mengecek hingga 20 domain sekaligus dalam satu waktu. Namun website tersebut hanya menampilkan informasi DA, PA, dan SS saja, alias kurang lengkap. Meski begitu, website tersebut menurut saya lebih cocok untuk dipakai mengecek expired domain, karena kita perlu mengecek banyak domain dalam satu waktu sekaligus.

Cara Mengecek Nilai SEO Expired Domain di DAPAChecker.org

Langkah1: Buka website dapachecker.org.

Langkah2: Tempelkan (paste) domain tadi (1 domain/baris, maksimal 20 domain).

Langkah3: Ceklis reCaptcha.

Langkah4: Klik Check Authority.

Langkah5: Tunggu proses checking selesai dan lihat hasilnya.

Berikut contoh hasil pengecekan expired domain:

Cara Menemukan Expired Domain yang Bagus

Dari hasil pengecekan di atas, kita bisa menemukan expired domain yang bagus dilihat dari tingginya nilai metrik DA dan PA, serta rendahnya metrik SS.

Jika SS terlalu tinggi, maka domain tersebut akan sulit bersaing di mesin pencari karena dianggap website spam. Berikut tingkatan SS menurut MOZ:

  • 1% s.d. 30% [zona hijau], artinya nilai spam website tersebut rendah.
  • 31% s.d. 60% [zona kuning], artinya nilai spam website tersebut sedang.
  • 61% s.d. 100% [zona merah], artinya nilai spam website tersebut tinggi.

SS sendiri merupakan algoritma dari MOZ yang menunjukkan banyaknya website spam yang merujuk pada website yang di cek. SS bertujuan untuk menilai apakah suatu website layak disebut spam sehingga dipandang buruk oleh mesin pencari.

Kesimpulan

Expired domain banyak dicari karena lebih efektif untuk bersaing di mesin pencari daripada membuat domain yang baru. Untuk bisa menemukan expired domain yang bagus, pertama kamu perlu mencari domain yang sudah expired terlebih dahulu lalu mengecek nilai SEO yang dimiliki expired domain tersebut.

Berikut merupakan beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

Apa itu expired domain?

Expired Domain merupakan domain yang sudah memasuki masa kedaluwarsa. Jika tidak diperpanjang, domain tersebut bisa dibeli (diperpanjang) oleh orang lain.

Kenapa memilih expired domain yang bagus?

Jika expired domain yang ditemukan mempunyai nilai SEO yang bagus, maka domain tersebut lebih dapat bersaing di mesin pencari dibandingkan domain yang baru didaftarkan.

Bagaimana cara menemukan expired domain yang bagus?

Kamu dapat menggunakan bantuan dari website pencari expired domain seperti expireddomains.net.

Bagaimana cara mengecek nilai SEO suatu website?

Kamu dapat menggunakan tools SEO seperti Ahrefs dan MOZ, atau menggunakan website checker yang gratis seperti xeo.my.id dan dapachecker.org.


Itulah cara menemukan expired domain yang bagus agar bisa bersaing di mesin pencari. Semoga bermanfaat ~

Tinggalkan komentar

profil-frame

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara/i