Dijamin Seru! 45+ Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa – Update Sampai Tahun 2022

Daftar Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa. Artikel ini akan terus di update ya guys!

Daftar isi:

  1. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022
  2. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021
  3. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020
  4. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019
  5. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018
  6. Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah

45+ Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Hingga 2022

Hola guys! Pada kali ini aku akan membagikan rekomendasi manhwa terbaik yang pernah kubaca dari tahun 2010 sampai tahun 2022 ini. TAPI, artikel rekomendasi manhwa terbaik di tahun 2022 udah terlanjur aku publikasikan sebelumnya, jadi enggak masuk di artikel ini. Sebelum lanjut ke daftarya, aku ada sedikit keterangan dulu nih. Mohon dibaca dulu ya!

Format daftar rekomendasi kali ini yaitu // Judul_Manhwa, Genre, Alias, Author, Artist, Baca di, Sinopsis, dan Catatan. Semua informasi terkait manhwa yang ada di daftar aku dapat dari website Manga Update. Berikut keterangannya!

  1. Judul
    Pada beberapa judul aku tambahkan kalimat END dan HR. Jika ada kalimat END di judul, maka manhwa tersebut sudah tamat. Sedangkan HR merupakan singkatan dari Highly Recommended, artinya manhwa tersebut secara pribadi sangat aku rekomendasikan.
  2. Gambar
    Gambar terkait manhwa tersebut (bukan cover). Beberapa memang cover sih, tapi selelbihnya aku ambil secara random dari chapter-chapter tertentu yang aku anggap cukup bagus untuk menarik perhatian.
    DISCLAIMER:
    Semua gambar yang tersedia di artikel ini aku ambil dari sumber terbuka. Jika ada gambar di bawah yang mungkin berlisensi tertentu atau pribadi, harap kontak aku di laman admin agar selanjutnya dapat dihapus. Terima kasih :).
  3. Genre
    Kalo soal genre kayaknya enggak perlu dikasih keterangan deh. Info lengkap soal arti genre bisa kamu cari di internet.
  4. Alias
    Alias adalah nama atau judul lain manhwa tersebut. Umumnya hal ini terjadi karena manhwa tersebut dirilis di beberapa negara, sehingga judulnya berbeda.
  5. Author
    Author adalah pencipta manhwa tersebut, atau penulis cerita aslinya sebelum di adaptisakan ke bentuk manhwa.
  6. Artist
    Artist adalah seseorang atau kelompok yang mengerjakan penggambaran manhwa tersebut.
  7. Baca di
    Kolom baca di aku sediakan agar memudahkan teman-teman untuk mencari tempat membaca manhwa tersebut. Beberapa tempat membaca komik sudah official atau resmi, yang artinya sudah mendapat izin untuk dipublikasikan di website tersebut. Aku sarankan teman-teman membaca di tempat official-nya ya, untuk mendukung author dan publishernya, agar kita dapat terus menikmati karya-karya mereka.
  8. Sinopsis
    Sinopsis manhwa tersebut. Tapi ingat, jangan menilai manhwa dari sinopsisnya!
  9. Catatan
    Kolom catatan merupakan pandangan aku terhadap manhwa tersebut. Jika tidak disebutkan, artinya aku memberikan kesan membaca manhwa tersebut setelah membaca setidaknya 20 chapter awal, dan tidak lebih dari 50 chapter awal. Jadi, mohon jangan anggap bahwa aku ngasih ulasan singkat dari ratusan chapter apalagi keseluruhan ceritanya. Aku cuma ngasih review singkat dari 20 hingga 50 chapter ke bawah, tidak lebih. Mengapa? Alasan utamanya yaitu: aku enggak jago ngasih ulasan (huhu). Alasan lainnya yaitu, aku percaya bahwa enggak baik ngasih ulasan pada karya yang belum selesai. Apalagi kebanyakan judul di bawah adalah manhwa ongoing. Aku juga enggak mau ngasih spoiler berat, jadi feels yang kamu dapat setelah membaca mungkin bisa berbeda dengan catatan yang aku berikan.

Satu lagi, karena page menjadi berat dan lama termuat, aku melakukan page split berdasarkan tahun-tahun rilis manhwa. Langsung saja, berikut daftarya!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021

// 66666 Years: Advent of the Dark Mage [HR]

The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Adventure, Fantasy
  • Alias: A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years
  • Author: Hwabong, Taru
  • Artist: Pasa
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Diablo Volfir, seorang Dark Magician yang sangat kuat, telah dikalahkan dan disegel oleh kedua belas dewa. Akhirnya dia terbangunkan setelah 66.666 tahun lamanya dalam tubuh seorang bayi yang baru dilahirkan bernama Jamie Welton.

Sembilan tahun kemudian, dengan pengetahuan kehidupannya dulu dan rasa kasih sayang keluarga barunya yang memberikan rasa damai, Jamie berencana melakukan balas dendam terhadap kedua belas dewa yang telah menyegelnya.

  • Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang (yang dianggap) penjahat melawan dewa (yang dianggap) baik. Manhwa ini mempunyai alur cerita yang disusun dengan baik dan cukup terasa emosional.

// Doctor’s Rebirth

Doctor's Rebirth - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Action, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Doctor Lives Again
  • Author: Tae Sun
  • Artist: Dobin
  • Baca di: Kakao Webtoon (Official-KR), AsuraScans (ENG)
  • Sinopsis:

Seorang dokter tewas menjadi korban perang saudara ketika dirinya menjadi sukarelawan. Alih-alih meninggal, dia terbangun lagi sebagai anak kecil. Tak lama kemudian dia tersadar, bahwa dia tidak lagi berada di dunia yang dikenalnya.

  • Catatan:

Sebuah manhwa dengan nuansa damai (*hueeek) kehidupan seorang dokter di Murim.

// Doom Breaker

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Fantasy, Supernatural
  • Alias: A Battle God’s Second Chance; Reincarnation of the Suicidal Battle God; The Battle God’s Return; To a New Life
  • Author: Blue-Deep
  • Artist: Blue-Deep
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Zephyr merupakan manusia terakhir yang terus bertarung melawan iblis di dunia yang diabaikan para dewa. Saat dia dibunuh oleh Tartarus, Dewa Kehancuran, kepunahan manusia tidak terelakkan lagi. Namun takdir belum sepenuhnya tersegel — dewa yang tertarik akan pertarungan Zephyr menganugerahkannya kesempatan kedua, ia hidup kembali dan kembali 10 tahun ke masa lalu, saat ia masih menjadi budak.

Mampukah Zephyr membalaskan dendamnya dan menyelamatkan wanita yang ia sayangi, atau mengulang kehancuran yang sama seperti sebelumnya?

  • Catatan:

Another manhwa yang mengisahkan tentang balas dendam. Art-nya bagus dengan cerita yang lumayan menarik. Selebihnya baca aja sendiri…

// Duke Pendragon

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance
  • Alias: The White Dragon Duke: Pendragon
  • Author: Kim Hyungjun, Utsumi Yuusuke
  • Artist: Sumishiro Yukina
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Piccoma (Official-JP); Asura (ENG), Reaper Scans (ENG), Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Raven Valt, anak haram dan putra kedua dari bangsawan rendah, dikenai sanksi sebagai pengkhianat. Dijanjikan kebebasan, dia dikirimkan ke unit paling buruk dan keji di kekaisaran, yaitu Korps Rakshasa (Pasukan Pembasmi Iblis). Dia harus mengabdi di sana 10 tahun lamanya.

Namun itu tidaklah mudah. Umumnya seseorang hanya dapat bertahan hidup selama 1 tahun di unit tersebut, namun Raven berjuang untuk kebebasannya dan berhasil bertahan untuk 10 tahun. Sehari sebelum kebebasannya, dia ditugaskan bertarung bersama Alan Pendragon, kepala Kadipaten Pendragon… namun semua harapannya sirna dalam sekejap mata.

  • Catatan:

Duke Pendragon merupakan salah satu manhwa favoritku setelah membaca 20 chapter awalnya. Art manhwa ini bisa dibilang masih standar, tidak terlalu bagus maupun jelek. Namun jujur, penggambaran karakter utamanya agak merusak ekspetasiku sebagai novel reader-nya. Alasannya karena di novel, sang MC dideskripsikan sebagai seorang pria gagah namun terlalu cantik untuk disebut tampan. Ya, si MC di ilustrasi novel dan manhwa terlihat berbeda.

Kesampingkan hal itu, premis cerita yang dibawakan manhwa ini cukup menarik untuk diikuti. Menceritakan perjuangan Raven Valt dan Alan Pendragon untuk keluarganya. Cerita berpusat pada politik seputar kekaisaran, sumber penderitaan keduanya. Namun ternyata masalahnya lebih besar dari yang mereka duga.

Novelnya sendiri sudah tamat dengan 400 chapter lebih. Namun kulihat cerita di manhwanya dipangkas sehingga kejadian-kejadian tertentu tidak dijelaskan dengan baik. Meski begitu, aku pribadi merekomendasikan manhwa ini untuk dibaca. Apalagi kamu yang suka tema kerajaan fantasi dan petualangan dibumbui hubungan asmara. Kemungkinan besar kamu akan menyukai manhwa Duke Pendragon ini.

// Level up With the Gods

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Leveling Up With the Gods; Leveling With the Gods; 신과 함께 레벨업
  • Author: Black Ajin
  • Artist: OH Hyun
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Luminous (ENG): Reaper Scans (ENG); Reset-Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Dia bertambah kuat, lebih cepat dari siapapun… namun dia kalah. Di akhir, hanya keputus-asaan yang tersisa untuknya.
Di saat-saat terakhirnya, dia diberikan kesempatan… melalui pengorbanan rekan-rekannya, takdirnya masih belum tersegel.
Kembali ke masa lalu, dia mencoba memanjat Tower lagi dengan bakatnya yang tak tertandingi.
Untuk melawan iblis-iblis kuno yang mengancam untuk menghancurkan Tower.

  • Catatan:

Leveling with The Gods merupakan manhwa dengan tower dan elemen game seperti sistem, level, dewa-dewi, dan sebagainya. Manhwa ini cukup populer dan banyak orang yang merekomendasikannya.

Dari segi alur, manhwa ini membawakan kesan mainstream seperti manhwa fantasy kebanyakan. Menceritakan sang MC yang kembali ke masa lalu untuk merubah masa depan, dan dia menjadi sangat-sangat kuat.

Manhwa ini mengingatkanku pada manhwa Second Life Ranker. Kamu akan suka manhwa ini jika kamu juga menyukai manhwa Second Life Ranker, karena tema yang diangkat kedua manhwa ini sangat mirip, dan karakteristik MC juga tidak beda jauh. Dari segi art, kedua manhwa ini juga termasuk bagus di atas standar.

// Mookhyang The Origin

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Mookhyang The Origin; طریقت موک هیانگ; 묵향 디 오리진
  • Author: JEON Dongjo
  • Artist: REDZIN, Silva – Redice Studio
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Asura (ENG); Flame-Scans (ENG); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Selama masa kacau dalam dunia murim, sewaktu nomor 2044 masih kecil, ia diculik fraksi demonic untuk melatihnya jalan assassination. setelah bertahan dari latihan nerakanya sampai akhir, ia mendapatkan nama julukan ‘mook-hyang’. namun, mook-hyang memiliki ketidakpuasaan dalam keinginan berpedang… ini kisah mook-hyang yang melawan berbagai master beladiri, ya intinya gitulah ya.

  • Catatan:

Prequel dari Mookhyang – Dark Lady. Kalau kamu udah baca versi Dark Lady, pasti tahu dong gimana sifat MC-nya. Nah, di manhwa ini diperjelas kenapa dia bisa begitu.

Artnya bagus, apalagi saat battle-fight, keren dah. Sayang ceritanya agak gimana ya, kecepetan kali ya? Jadi kurang kerasa feel-nya aja gitu. Tapi yah, namanya juga manhwa action, xixixi.

// Player Who Can’t Level Up

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Level-Up Motaneun Player; The Player That Can’t Level Up; Игрок, который не может повысить уровень; 无法升级的玩家; 레벨업 못하는 플레이어
  • Author: Gavinji
  • Artist: Aengmusae, PARK Jungjae, Studio Khit
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Undangan tower hanya untuk orang yang memenuhi syarat untuk menjadi player, yang mendapatkan undangan akan mendapat kemampuan unik yang disebut hak istimewa bagi player yang terpilih, aku mendapat undangan dari tower pada usia 18 tahun, dan ini sudah lima tahun, levelku masih 1.

  • Catatan:

Satu lagi manhwa dengan tema memanjat tower, sistem leveling, dan MC yang punya skill spesial. Ya gitu deh, alur ceritanya seakan-akan diberatkan, namun karena pengeksekusiannya yang kurang jadi terasa biasa saja.

Meski begitu, art-nya bagus dengan efek-efek keren di beberapa scene. Masalah alur bisa dikesampingkan, mengingat beda orang beda selera (hihi).

Oh ya, kalau kamu suka Sword Art Online, mungkin kamu bakalan suka manhwa ini. Karena penampilan MC-nya kayak si Fate itu lho, terus dia punya dua pedang yang beda warna guys. Kalau si Fate kan punya senjata yang bisa ngomong, nah MC di manhwa ini juga punya senjata gituan. Ada dua lagi. Kalau nyerang ada efek-efek warnanya gitu, lho. Grafisnya keren dah. Andai sebanding sama ceritanya 🙁

// Regressor Instruction Manual

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Sinopsis:

Suatu hari, aku telah di-summon ke dunia ini. Monster di mana-mana dan krisis luar biasa melanda. Namun bakatku bahkan lebih buruk dari itu.
[Level bakat player berada di paling bawah.]
[Hampir semua kemungkinan tidak ada artinya.]

Meskipun kamu menjadi Warrior atau Wizard. Meskipun kamu mengulang kembali waktu. Kamu harus mengambil keuntungan dari apapun itu demi bertahan hidup.

“Terus kenapa?”
“Aku tinggal menggunakan semua yang kupunya untuk hidup!”

  • Catatan:

Regressor Instruction Manual merupakan manhwa dengan premis cerita yang anti mainstream dan didukung art yang diatas standar manhwa kebanyakan.

Di manhwa ini, terdapat seorang “Regressor” atau karakter yang telah mengulang waktu (mengembalikan waktu/kembali ke masa lalu), namun dia bukan tokoh utamanya. Uniknya, tokoh utama (MC) di manhwa ini merupakan parasit yang menempel di seorang Regressor tersebut.

Sang MC harus menghadapi kenyataan bahwa dia tidak berguna. Dia hanya dapat hidup dengan mengandalkan orang lain. Meski begitu, dia mempunyai akal yang cerdas dan jago berbicara. Dan begitulah, kita akan melihat tingkah laku uniknya untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

// Return of The Broken Constellation

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Return of the Shattered Constellation; 破碎星座的回归; 부서진 성좌의 회귀
  • Author: Sa Do-yeon
  • Artist: Flex Mind, YANG Kyung-Il
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG): Flame-Scans (ENG); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Seorang manusia yang mampu menjadi dewa, sang ‘Twilight of Gods’.

Setelah terkenal sebagai dewa yang jahat dan kejam, ia kehilangan konstelasi, keyakinan, otoritas ilahi – segalanya. Kekuatan sucinya dihilangkan paksa dan menghilang.

“Aku ingin kau bekerja denganku.”

Saat itulah Thanatos, Dewa Nether World, menawarkan bantuannya…

Setelah meraih tangannya, ‘Twilight of Gods’ memutuskan mengulang hidupnya sebagai player ‘Lee Changseon”, untuk membalas para dewa yang mengirimkannya ke neraka!

‘Jadi aku benar-benar kembali’

  • Catatan:

[Konstelasi: ✅] [Regresi: ✅] [Balas Dendam: ✅] [ MC Badass: ?] [Art: ✅]

// Return of the Blossoming Blade

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: Return of Sword Master; Return of the Huashan Sect; Return of the Mount Hua Sect
  • Author: Biga
  • Artist: Lico
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Murid ke-13 dari sekte Hwasan, Cheong Myeong, si pendekar pedang sakti bunga plum akhirnya berhasil membunuh kepala dari sekte iblis, Cheonma. Namun pertarungan tersebut telah merenggut nyawa Cheong Myeong sendiri beserta seluruh sekte Hwasan yang menjadi tempat perguruannya. Siapa yang menyangka, setelah kematiannya ternyata Cheong Myeong terlahir kembali 100 tahun kemudian! Tapi di masa ini tidak ada seorang pun yang mengingat Sekte Hwasan?! “…Apa? Sekte Hwasan hancur?!”

  • Catatan:

Menceritakan seorang pendekar yang bereinkarnasi di masa depan, dan mengetahui bahwa perguruan tingginya telah tiada. Sang protagonis memiliki karakter cerdas dan licik, juga punya rasa humor yang agak tinggi.

Jika kamu suka manhwa The Wandering Warrior of Wudang, maka kamu mungkin juga suka manhwa ini.

// Return of the Mad Demon [HR]

Return of the mad Demon - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Action, Comedy, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Return of the Crazy Demon
  • Author: Yu Jinseong
  • Artist: JP, LEE Hi
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Yi Zaha, si Mad Demon yang tergila-gila untuk menjadi ahli beladiri terkuat di Murim, telah mati. Dia berhasil mencuri pusaka sekte iblis sehingga seluruh anggota sekte iblis memburunya. Meski dikalahkan, dia enggan memberikan pusaka tersebut dan lebih memilih bunuh diri ke dalam jurang setelah menelan pusaka tersebut. Meski begitu, takdir berkata lain. Yi Zaha tidak mati, melainkan kembali ke saat dirinya masih muda dan lemah. Dengan pengetahuannya akan masa depan dan ilmu beladiri yang telah dia pelajari, Yi Zaha sekali lagi berniat untuk menjadi dewa beladiri!

  • Catatan:

Kebanyakan manhwa beladiri atau martial arts hanya mengandalkan adegan pertarungan dan kisah balas dendam, sehingga pembaca mungkin cepat bosan. Manhwa ini juga sama, namun banyak adegan kocak yang menjadi poin tambahannya.

Seperti Path of the Shaman yang dirilis tahun 2020 lalu, Return of the Mad Dragon juga mempunyai MC yang rada sinting. Bisa dibilang bahwa keduanya mempunyai banyak kesamaan, baik dari segi cerita maupun pengkarakteran-nya. Highly recommended!

// Talent-Swallowing Magician

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Drama, Fantasy
  • Alias: Talent Swallowing Magician; The Mage Who Absorbs Abilities
  • Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
  • Artist: Siroo
  • Baca di: Kakaaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Elric Melvinger merupakan pewaris kekuasan dari keluarga sihir terkemuka. Dia tidak memiliki ‘Talent’ dari lahir, mengakibatkannya tidak bisa mempelajari ilmu sihir. Namun, dia mendapatkan ‘Blessing’ dari leluhurnya!

[Makan Demon]
[Telan Demon]
[Minum Demon]
[Terus kumpulkan Demon dalam dirimu, dan dapatkan sihir baru!]

Aku akan bertambah kuat. Sangat kuat sampai tidak ada yang mampu mengalahkanku.

  • Catatan:

Talent-Swallowing Magician merupakan manhwa yang menceritakan seorang keturunan bangsawan yang mencoba membangkitkan keluarganya yang jatuh.

Kita akan mengikuti perjalanan Elric dari powerless menjadi powerful. Sang MC mempunyai sifat yang menyedihkan di awal, namun kita dapat merasakannya berubah di chapter-chapter berikutnya. Perubahan tersebut-lah yang membuat manhwa ini menarik untuk diikuti. Dia mulai menjadi pemberani dan mempunyai sikap cerdas dalam menghadapi setiap situasi.

Manhwa ini dihiasi art yang memukau, yang membuatnya istimewa. Aku menyukai art-nya yang cukup mendetail dan terkadang dihiasi bermacam-macam tone warna, mengingatkanku pada serial animasi Arcane: League of Legends. Enggak terlalu mirip, sih. Cuman ya tetep bagus, kok!

*Ngomong-ngomong, kalo baca sinopsisnya agak ngeri juga ya!

// The Book of Lagier

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Fantasy
  • Alias: 라지에르의 서
  • Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
  • Artist: Siroo
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Suatu hari, seorang manusia berani memanggil Raja Iblis. Itu adalah serakah dan gemuk,

Pangeran Lagier Lou Jerlayla Rodwill!

Namun, saat memanggil Raja Iblis, dia melakukan kesalahan dalam prosesnya, yang menyebabkan kematiannya.

Tubuh Lagier dibekukan dengan paksa karena kontrak yang dia buat dengan Raja Iblis…

“Yah, sebaiknya aku mengabulkan permintaannya saja.”

Raja Iblis memutuskan untuk menjadi Lagier dan mengabulkan keinginan Pangeran sebelum dia dibekukan sampai mati.

Sampai hari kerajaan Jerlayla menguasai dunia dengan kekuatan yang tak tertandingi oleh siapapun!

Ini adalah awal dari legenda baru……!

“Aku akan memulainya dengan menurunkan berat badan.”

…Aku harus diet dulu.

  • Catatan:

Menceritakan seorang raja iblis yang dikontrak seorang manusia untuk menaklukkan dunia. Art-nya sudah bagus dan ceritanya cukup menarik untuk diikuti. Sedikit berbagi saat membaca, aku pikir feels ceritanya lebih ke genre shoujo deh (wkwk).

13 pemikiran pada “Dijamin Seru! 45+ Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa – Update Sampai Tahun 2022”

Tinggalkan komentar

profil-frame

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara/i