@ezfileid – Temukan tutorial tentang cara mengecek pemadaman listrik yang sedang terjadi di daerahmu hanya di blog @ezfileid!
Pernahkah kamu mengalami listrik di rumahmu tiba-tiba padam? Mungkin kamu pikir hal ini terjadi karena meteran listrik (kWh meter) menerima beban arus listrik yang lebih tinggi daripada yang bisa ditanganinya, atau kami orang Sunda suka menyebutnya dengan istilah ngajeupret. Namun setelah kamu cek, ternyata bukan itu masalahnya.
Setelah itu mungkin kamu akan mengecek listrik rumah tetangga atau bertanya kepada mereka, apakah listriknya juga padam. Jika iya, artinya pemadaman listrik sedang terjadi. Namun jika tidak, kemungkinan ada masalah pada arus listrik di rumahmu.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hadirnya listrik membawa perubahan dalam kehidupan kita, dan kita menjadi ketergantungan terhadapnya. Jika pemadaman listrik terjadi, tidak jarang kita menjadi kesal karena aktivitas kita yang memerlukan listrik menjadi tertunda. Terlebih lagi kita tidak tahu kapan listrik dapat kembali menyala. Bekerja, mencuci baju, memasak, semua hal yang membutuhkan listrik secara otomatis tidak bisa kita lakukan. Kita hanya bisa menunggu sampai listrik kembali menyala, meskipun kita tidak tahu kapan waktu tepatnya.
Baca juga: Rekomendasi Film Jepang yang bisa membuatmu sulit move on!
Nah, untuk mengurangi sedikit rasa khawatirmu tentang hal ini, pada artikel ini Min Aezi akan membagikan sebuah tutorial tentang cara mengecek pemadaman listrik yang sedang terjadi di daerahmu. Yah, meskipun tidak bisa mengatasi permasalahanmu, setidaknya kamu bisa mendapatkan perkiraan kapan listrik kembali menyala. Langsung saja, berikut tutorialnya!
Daftar isi
Cara Mengecek Pemadaman Listrik yang Sedang Terjadi di Daerahmu
A. Persiapan
Sebelum memulai, silakan persiapkan beberapa hal di bawah terlebih dahulu, yaitu:
- Aplikasi PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile bisa kamu instal melalui play store maupun app store. - ID Pelanggan
ID Pelanggan merupakan nomor yang sering kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik atau membeli token listrik.
Jika kedua hal di atas sudah kamu siapkan, silakan ikuti langkah-langkah mengecek pemadaman listrik di bawah!
B. Cara Menambahkan ID Pelanggan ke PLN Mobile
Langkah1: Buka aplikasi PLN Mobile.
Langkah2: Masukkan nomor HP.
Selain masuk menggunakan nomor HP, kamu juga bisa masuk menggunakan akun Google atau Email. Namun pada tutorial ini mimin akan gunakan metode masuk menggunakan nomor HP, mengingat semua orang pasti setidaknya punya satu nomor HP yang digunakan.
Jangan lupa untuk menyentang opsi Dengan masuk dan daftar akun, Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi.
Oh ya, pastikan nomor HP kamu masih aktif karena kamu perlu memasukkan kode OTP nantinya.
Langkah3: Masukkan kode OTP.
Kode OTP akan dikirm ke nomor HP kamu via sms. Masukkan kode OTP yang kamu terima lalu tap Kirim.
Langkah4: Izinkan PLN Mobile untuk mengakses lokasi perangkatmu.
Kamu perlu mengizinkan PLN Mobile untuk mengakses lokasi perangkatmu secara akurat sehingga kamu bisa mengecekan pemadaman yang sedang terjadi di daerahmu nantinya.
Langkah5: Lengkapi datamu.
Berikut data yang harus kamu isi:
- Nama lengkap
- Email (opsional)
- Kode referral: 1GD5EQ
Jika muncul notifikasi tentang program referral, tap Ya.
Langkah6: Izinkan PLN Mobile untuk mengambil gambar dan merekam video (opsional).
Perizinan ini diperlukan untuk fitur Catat Meter SwaCAM (Swadaya Catat Angka Meter). Fitur SwaCAM pada PLN Mobile dapat membantumu memantau pemakaian listrik, sehingga kamu bisa tahu apa yang menyebabkan tagihan listrikmu menjadi mahal atau kenapa token listrikmu cepat habis.
Jika kamu tidak akan memakai fitur tersebut, kamu boleh untuk tidak mengizinkan pada opsi Izinkan PLN Mobile untuk mengambil gambar dan merekam video ini.
Langkah7: Di bawah bagian Pemberitahuan, tap Tambah IDPel.
Langkah8: Masukkan ID Pelanggan lalu tap tanda panah (→).
ID Pelanggan merupakan 12 digit nomor yang sering kamu gunakan untuk membeli token listrik, atau 11 digit nomor meteran listrik yang bisa kamu lihat di bawah barcode meteran listrik.
Langkah9: Masukkan nama alias (contoh: Rumah Aezi), lalu tap Tambah ID Pelanggan.
PENAMBAHAN ID PELANGGAN BERHASIL DILAKUKAN!
C. Cara Mengecek Pemadaman Listrik yang Sedang Terjadi
Langkah1: Buka aplikasi PLN Mobile.
Langkah2: Tap Pengaduan.
Langkah3: Tap Cek Padam Sekitar Saya.
Langkah4: Pilih ID Pelanggan yang ingin dicek.
Langkah5: Lihat lingkarannya.
Tunggu sekitar 20 detik (tergantung kecepatan koneksi internetmu). Jika setelah itu tidak ada lingkaran kedua yang biasanya lebih besar, artinya tidak ada pemadaman listrik yang sedang terjadi. Namun jika ada lingkaran kedua, artinya daerah di dalam lingkaran kedua tersebut sedang mengalami pemadaman listrik.
Baca juga: Cara menyambungkan PC dengan Android melalui WiFi (Tutorial SAMBA & FTP via X-Plore).
D. Cara Melihat Jadwal Pemadaman Listrik atau Kapan Perkiraan Listrik Menyala Kembali
Dengan aplikasi PLN Mobile, kamu akan mendapatkan pemberitahuan (notifikasi) ketika akan terjadi atau sedang terjadinya pemadaman listrik.
Sebelumnya ada 2 jenis pemadaman listrik, yaitu pemadaman listrik untuk pemeliharaan yang biasanya terjadwal dan pemadaman listrik untuk perbaikan. Perbedaannya yaitu, pemadaman listrik untuk pemeliharaan biasanya terjadwal dan pemberitahuannya bisa dilihat di aplikasi PLN Mobile satu hari sebelum terjadinya pemadaman listrik. Sedangkan pemadaman listrik untuk perbaikan biasanya terjadi secara tiba-tiba, sehingga pemberitahuannya akan muncul setelah pemadaman listrik terjadi.
Berikut cara melihat jadwal pemadaman listrik!
Langkah1: Buka aplikasi PLN Mobile.
Langkah2: Jika pemadaman listrik sedang terjadi, akan muncul di bagian pemberitahuan.
Langkah3: Tap pemberitahuan tersebut untuk melihat rinciannya, termasuk kapan perkiraan listrik menyala kembali.
Kesimpulan
Cara mengecek pemadaman listrik ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi PLN Mobile dan menambahkan ID Pelanggan di dalamnya. Setelah itu, kamu dapat mengecek pemadaman listrik yang sedang terjadi di daerahmu dan juga menerima pemberitahuan tentang jikalau terjadi pemadaman listrik.
Adapun pemadaman listrik dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
- Pemadaman listrik untuk pemeliharaan, yaitu pemadaman listrik yang dilakukan untuk mengecek segala hal berkaitan listrik di suatu daerah dan memperbarui/memperbaiki jika ada yang sudah usang dan sebagainya. Pemadaman listrik ini biasanya dilakukan secara terjadwal dan kamu akan mendapat pemberitahuan satu hari sebelum pemadaman dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile.
- Pemadaman listrik untuk perbaikan, yaitu pemadaman listrik yang dilakukan untuk memperbaiki segala hal berkaitan listrik secara tiba-tiba, karena kerusakannya biasanya diakibatkan oleh alam atau kejadian yang tidak terduga (contoh: tiang listrik ambruk karena tertimpa pohon tumbang). Kamu dapat mengecek rincian pemadaman ini setelah pemadamannya terjadi melalui aplikasi PLN Mobile.
Itu saja yang bisa mimin sampaikan kali ini, semoga bermanfaat~
Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).